Home » » RRP KD 1.4 Mendeskripsikan kondisi wilayah dan penduduk

RRP KD 1.4 Mendeskripsikan kondisi wilayah dan penduduk

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs                    : SMP N 4 Sleman
Mata Pelajaran             : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester           : VIII/ 1 (satu)
Standar Kompetensi     : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar        : 1.4 Mendeskripsikan kondisi wilayah dan penduduk
Indikator                       :
-        Mengidentifikasikan persebaran flora dan fauna di Indonesia
-        Mendeskripsikan jenis- jenis tanah, persebaran dan pemanfaatannya
-        Mendeskripsikan suku bangsa di Indonesia
Karakter                        : Cinta tanah air, Cinta Lingkungan,
Alokasi Waktu             : 2 x 40 Menit
A.      Tujuan pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
-      Mengidentifikasikan persebaran flora dan fauna di Indonesia
-      Mendeskripsikan jenis- jenis tanah, persebaran dan pemanfaatannya
-      Mendeskripsikan suku bangsa di Indonesia

B.      Materi Ajar
Kondisi fisik wilayah Indonesia
1.    Persebaran flora dan fauna di Indonesia
2.    Jenis- jenis tanah dan persebarannya di Indonesia
3.    Suku bangsa di Indonesia

C.      Metode pengajaran
-        Ceramah bervariasi
-        Snow ball

D.      Langkah-langkah Kegiatan
Pendahuluan:
1.   Memeiksa kehadiran, kebersihan dan kerapihan kelas
2.   Apersepsi : menanyakan tugas pertemuan sebelumnya

Kegiatan inti
1.   Peserta didik di bagi mendengarkan penjelasan guru
2.   Peserta didik mengerjakan tugas dari guru
3.   Peserta didik di lempari bola kertas oleh guru kemudian yang kena menjawab soal pertama
4.   Peserta didik yang sudah menjawab pertanyaan kemudian melempar bola ke teman yang lain dengan mata tertutup dan yang kena menjawab pertanyaan begitu seterusnya sampai soal terjawab semua.
5.   Guru memberikan penguatan materi terhadap jawaban peserta didik
6.   Menjelaskan kembali jawaban yang kurang jelas dari peserta didik

Penutup
1.   Menyimpulkan materi pembelajaran
2.   Memberikan penugasan

E.       Sumber belajar
-        Sudarmi, Sri. 2008. Galeri Pengetahuan Sosial Terpadu. Jakarta : Erlangga
-        Peta Indonesia
F.       Penilaian
 Lembar Penilaian
No.
Nama
Indikator penilaian
Nilai
Jmlh
Partisipasi
Kualitas pertanyaan
Kemampuan menjawab
kedisiplinan
1.







2.







3.







4.







5.







....







36







Sleman, 25 Juli 2011

Mahasiswa


Satria Panji Pradana
NIM. 08416241018

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates